Dapoer Pindang Resto : Kelezatan dan Kenikmatan Hidangan Khas Palembang di Sentul City Bogor

CATATAN PERJALANAN : DAPOER PINDANG RESTO SENTUL CITY, BOGOR

YOKEMANA MAKAN MAKAN – Pempek merupakan salah satu makanan tradisional khas Palembang yang terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu. Berdasarkan sumber  budayawan Sumatera Selatan, asal usul pempek merupakan akulturasi kebudayaan kuliner yang dibawa pedangan Cina ke Palembang – seperti bakso – namun dimodifikasi menggunakan bahan ikan dan sagu (karena kedua bahan ini gampang ditemui di Palembang). Akhirnya, pempek mulai digemari masyarakat Palembang dan banyak pedagang yang mulai menjualnya. Lalu, darimana asal kata Pempek? Orang Cina yang sudah tua biasa dipanggil ‘Apek’, sehingga pembeli pempek yang berasal dari kalangan Tionghoa memanggil penjual itu ‘pek..pek..pek’ dan akhirnya dikenal dengan nama pempek. Menarik yah kisahnya?

Sebenarnya makanan khas Palembang tidak hanya pempek saja. Dapoer Pindang Resto contohnya, menyajikan berbagai hidangan khas Palembang yang enak mulai dari pindang patin, pepes tempoyak, hingga es kacang merah. Yuk lihat menu-menunya!

1.Pindang Patin – Rp 25.000. Pindang khas Palembang ini memiliki cita rasa asam dan pedas. Rasanya sih mirip kuah tom-yum Thailand. Ikan patin yang digunakan Dapoer Pindang Resto juga memiliki kualitas yang baik karena tidak bau tanah. Kesegarannya juga ditambah dengan potongan nanas, tomat kecil, serta daun kemangi.Selain pindang patin, ada juga pindang iga dan pindang udang.

Pindang Patin Dapoer Pindang Resto Sentul City
Pindang Patin Dapoer Pindang Resto Sentul City – Rp 25.000

2. Pepes Tempoyak Patin (Rp 35.000). Resto yang berlokasi di Green Valley Ruko Sentul City Bogor ini juga menyajikan Pepes Tempoyak Patin yang jaraaang banget ditemui di Jakarta. Keunikan menu ini adalah menggunakan olahan durian (atau biasanya disebut dengan tempoyak). Unik banget kan? Kebayang nggak kelezatan ikan patin dan dicampur gurihnya durian.

Pepes Tempoyak Dapoer Pindang Resto - Rp 35.000
Pepes Tempoyak Dapoer Pindang Resto – Rp 35.000

3. Ikan Seluang Goreng (Rp 35.000). Ini dia salah satu ikan langka di Jakarta! Ikan seluang ini merupakan ikan sungai dan memiliki tekstur renyah seperti ikan teri besar atau ikan bilih. Rasanya gurih banget apalagi ditambah dengan sambal nanas yang memiliki cita rasa asam, segar, dan manis! TOP!

Ikan Seluang Goreng Dapoer Pindang Resto - Rp 35.000
Ikan Seluang Goreng Dapoer Pindang Resto – Rp 35.000

4. Pempek Panggang (Rp 21.000/3pcs). Pernah coba pempek yang dipanggang? Kalian bisa mencoba kelezatan pempek panggang di Dapoer Pindang Resto. Apalagi kalian yang lagi program diet dan gak boleh makan yang digoreng, pempek panggang cocok banget untuk kamu cemilin hehe. Biasanya pempek panggang ini dibelah dan diberi isi sambal hijau, ebi, dan kecap manis. Sedaaaap!

Pempek Panggang Dapoer Pindang Resto Sentul City
Pempek Panggang Dapoer Pindang Resto Sentul City – Rp 21.000

5. Rujak Mie (Rp 20.000). Menu ini bukan sembarang rujak lho. Rujak mie khas Palembang ini isinya terdiri dari mie, soun, pempek goreng yang dipotong kecil-kecil, serta dilengkapi ebi (udang kering) dan timun. Jangan lupa disiram dengan cuka pempeknya! Nyammmmmm.

Rujak Mie Palembang di Dapoer Pindang Resto - Rp 20.000
Rujak Mie Palembang di Dapoer Pindang Resto- Rp 20.000

6. Tekwan (Rp 20.000). Makanan satu ini bentuknya mirip bakso ikan kecil-kecil. Teksturnya kenyal namun tetap empuk. Yang istimewa adalah kuah tekwannya yang gurih banget dan menggunakan kaldu udang. Siap disantap dengan mencampurkan cabe hijau!

Tekwan Dapoer Pindang Resto - Rp 20.000
Tekwan Dapoer Pindang Resto – Rp 20.000

7. Lenggang (Rp 20.000). Lenggang adalah omelet pempek (bahasa gampangnya). Gurihnya telur dicampur dengan potongan pempek sudah pasti TOP MARKOTOP.

Pempek Lenggang Dapoer Pindang Resto - Rp 20.000
Pempek Lenggang Dapoer Pindang Resto – Rp 20.000

8. Pempek Campur (Rp 21.000). Tentunya sebagai restoran Palembang asli, Dapoer Pindang Resto menyediakan aneka pempek, mulai dari lenjer kecil/besar, telor kecil/besar, dan pempek bulat/adaan. Ikan tenggiri yang digunakan memiliki kualitas yang sangat baik. Teksturnya lembut namun tetap kenyal, serta tidak ada bau amis.

Pempek Campur Dapoer Pindang Resto - Rp 21.000
Pempek Campur Dapoer Pindang Resto – Rp 21.000

9. Es Campur (Rp 15.000). Es Campur di Dapoer Pindang Resto ini lengkap banget! Isinya ada kacang merah, cincau, nangka, serta kolang-kaling. Segar banget apalagi setelah menikmati makanan yang panas dan pedas!

Es Campur Dapoer Pindang Resto
Es Campur Dapoer Pindang Resto – Rp 15.000

Dapoer Pindang Resto berada di area Sentul City, Bogor. Bagi kalian yang mau kesini, bisa melalui Tol Jagorawi dan exit pintu tol Sentul City. Belok kiri menuju Jungle Land sampai kalian melewati Giant Extra Sentul City. Tidak jauh dari sana, kalian akan melihat plang ke arah kiri bawah menuju Perumahan Green Valley / Gumati / Rainbow Hills. Lurus aja dan sekitar 1 km, kalian akan menemukan Dapoer Pindang Resto di ruko kanan jalan.

Tips:

  1. Bingung lokasinya? Kalian bisa cek di https://www.zomato.com/jakarta/dapoer-pindang-bogor-utara/maps#tabtop
  2. Dapoer Pindang Resto tutup di hari Senin
  3. Kalau kalian kesini, coba tanya apakah ada menu Martabak Kentang. Menu ini merupakan ‘menu rahasia’ dan tidak tersedia setiap hari.

 

“Nothing Brings People Together Like Good Food”

Leave a comment